Selamat Datang di Peternak Untung
Chat Us : (+62) 881-881-2739
Ayam Ternyata Keturunan Dinosaurus

Ayam Ternyata Keturunan Dinosaurus

Sebuah penelitian baru menemukan garis keturunan ayam dan kalkun yang masih erat hubungannya dengan nenek moyang burung, yaitu dinosaurus berbulu. Pohon keluarga burung modern secara rinci kabarnya memang membingungkan para ahli biologi. Bahkan hingga sampai saat ini, molekular detil bagaimana cara burung ‘terbagi’ menjadi lebih dari 10 ribu spesies pun masih jadi misteri.

Penelitian dari Keilmuwan Biologi di University of Kent, Inggris ini meneliti genom, set haploid kromosom dalam mikroorganisme, pada 21 ekor burung yang melengkapi set gennya. Ternyata genom mereka mengisahkan bagaimana ragam burung berevolusi.

Pemimpin tim penelitian, Darren Griffin menyatakan bahwa genom burung sangat istimewa, mereka punya mikrokromosom yang sangat kecil ketimbang kelompok vertebrata lainnya. Balutan kecil dari material gen yang kaya ini juga ternyata hadir di nenek moyang dinosaurus mereka.

“Kami menemukan ayam memiliki pola kromosom yang secara keseluruhan mirip dengan dinosaurus burung sebagai leluhurnya,” ujar Griffin. Penelitian ini tergabung dalam studi internasional bernama Avian Phylogenomics Consortium yang melibatkan sekitar 200 ilmuwan, 80 lembaga, dan 20 negara.

Source: cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.